Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas
Main Author: | Fransiska Natalia, Hanny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/13020/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/13020/ |
Daftar Isi:
- Profitabilitas perusahaan penting karena menjadi tolak ukur atas kemampuan perusahaan menggunakan aset yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh rasio leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER), rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR), ukuran perusahaan yang diproksikan dengan ln(total aset) dan rasio pertumbuhan penjualan yang diproksikan dengan sales growth terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA). Pemilihan sampel penelitian ditetapkan berdasarkan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 perusahaan sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018; menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh independen auditor; disajikan dalam mata uang Rupiah; memiliki laba positif berturut-turut selama periode penelitian; memiliki peningkatan penjualan selama periode penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder yaitu laporan keuangan yang berasal dari Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, (2) rasio leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, (3) rasio ukuran perusahaan yang diproksikan dengan ln(total aset) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas, (4) rasio pertumbuhan penjualan yang diproksikan dengan sales growth tidak memiliki pengaruh positif terhadap profitabilitas.