Model Bisnis Media Online (Studi Kasus pada Bolasport.com)
Main Author: | Bima Prabowo, Heribertus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/12993/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/12993/ |
Daftar Isi:
- Di dunia digital saat ini internet sangat dibutuhkan oleh perusahaan media online untuk menjalankan bisnis media. Pertumbuhan media online saat ini bisa dibilang pesat dalam perkembangannya. Salah satunya bisa dilihat dari begitu bayak persaingan media online yang masih belum memahami model bisnis. Bersaing secara baik belum tentu menjadikan media online memiliki suatu pegangan model bisnis untuk menjalankan bisnisnya di era digital. Penelitian ini membahas mengenai model bisnis pada sebuah media online yang ada di Jakarta yaitu Bolasport.com. Penelitian ini penting untuk diteliti agar mengetahui suatu model bisnis yang dijalankan oleh perusahaan Bolasport bisa berkembang dan berjalan baik hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif secara deskriptif dengan melakukan pendekatan melalui studi kasus. Studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kasus dari K. Yin. Konsep yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan model bisnis canvas oleh Osterwalder dan Pigneur yang terhubung kedalam sembilan blok model bisnis tersebut. Hasil dari penelitian ini menjawab bahwa Bolasport.com menjalankan model bisnis merapkan model bisnis canvas yang terhubung kedalam sembilan blok bisnis tersebut. Fokus pengembangan model bisnis Bolasport.com terbagi menjadi dua yaitu programmatic dan direct sell. Kedua model bisnis ini menjadi sumber utama bolasport dalam mendapatkan sumber pendapatan dan menunjukkan hasil positif sebagai media online pendatang baru berbasis olahraga.