ctrlnum 128
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/128/</relation><title>Pola pemberian amplop dan sikap wartawan media online</title><creator>Natalia, Gisela</creator><subject>P87-96 Communication. Mass media</subject><subject>PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc.</subject><description>Praktik penyalahgunaan profesi wartawan sudah menjadi fenomena yang besar di Indonesia. Salah satunya adalah praktik pemberian amplop pada wartawan. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena meski mereka memahami bahwa hal ini melanggar kode etik jurnalistik, masih banyak wartawan yang mau menerima amplop. Posisi wartawan dan media massa yang strategis menjadi&#xD; incaran narasumber untuk menjadi medium bagi berita yang mereka inginkan. Terlebih lagi dengan adanya media baru, yakni media online yang dapat dengan cepat menyebarkan berita dan dijangkau oleh semua kalangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan amplop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui&#xD; bagaimana pola pemberian amplop dan bagaimana sikap wartawan media online setelah menerima amplop. Model yang digunakan adalah model deskriptif dengan jenis kuantitatif. Acuan teori dalam penelitian adalah teori The Gift Mauss yang memiliki&#xD; pandangan bahwa hadiah tidak pernah &#x201C;bebas&#x201D; diberikan tanpa ada kewajiban untuk membalasnya. Hadiah selalu menimbulkan kewajiban untuk terjadinya pertukaran yang bersifat timbal balik. Instrumen dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Responden yang digunakan adalah wartawan media online yang pernah menerima amplop berjumlah 20 responden.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa 55 persen responden setuju bila mereka menerima pemberian tiket gratis untuk keperluan resensi, seluruh responden setuju bila pihak yang mereka liput memberikan fasilitas makan siang gratis, 85 responden stuju bila mereka menerika materi dan fasilitas karena upah atau gaji yang tidak mencukupi, dan 95 persen responden setuju bila mereka masih menjaga akurasi berita yang mereka buat meski sudah menerima amplop.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/128/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Natalia, Gisela (2015) Pola pemberian amplop dan sikap wartawan media online. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>128</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Natalia, Gisela
title Pola pemberian amplop dan sikap wartawan media online
publishDate 2015
topic P87-96 Communication. Mass media
PN4699-5650 Journalism. The periodical press
etc
url http://kc.umn.ac.id/128/1/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/2/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/4/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/5/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/6/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/128/
contents Praktik penyalahgunaan profesi wartawan sudah menjadi fenomena yang besar di Indonesia. Salah satunya adalah praktik pemberian amplop pada wartawan. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena meski mereka memahami bahwa hal ini melanggar kode etik jurnalistik, masih banyak wartawan yang mau menerima amplop. Posisi wartawan dan media massa yang strategis menjadi incaran narasumber untuk menjadi medium bagi berita yang mereka inginkan. Terlebih lagi dengan adanya media baru, yakni media online yang dapat dengan cepat menyebarkan berita dan dijangkau oleh semua kalangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan amplop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pemberian amplop dan bagaimana sikap wartawan media online setelah menerima amplop. Model yang digunakan adalah model deskriptif dengan jenis kuantitatif. Acuan teori dalam penelitian adalah teori The Gift Mauss yang memiliki pandangan bahwa hadiah tidak pernah “bebas” diberikan tanpa ada kewajiban untuk membalasnya. Hadiah selalu menimbulkan kewajiban untuk terjadinya pertukaran yang bersifat timbal balik. Instrumen dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Responden yang digunakan adalah wartawan media online yang pernah menerima amplop berjumlah 20 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa 55 persen responden setuju bila mereka menerima pemberian tiket gratis untuk keperluan resensi, seluruh responden setuju bila pihak yang mereka liput memberikan fasilitas makan siang gratis, 85 responden stuju bila mereka menerika materi dan fasilitas karena upah atau gaji yang tidak mencukupi, dan 95 persen responden setuju bila mereka masih menjaga akurasi berita yang mereka buat meski sudah menerima amplop.
id IOS6965.128
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-04-04T01:19:28Z
last_indexed 2019-04-04T01:19:28Z
recordtype dc
_version_ 1683865358365097984
score 17.538404