Daftar Isi:
  • Animasi merupakan sebuah karya yang membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak, terlebih lagi animasi serial dengan teknik tiga dimensi. Seorang CG Artist dituntut memiliki pengetahuan dan mampu menggunakan software yang digunakan dalam standar industri pembuatan animasi. Dalam kesempatan praktik kerja magang, penulis menjadi seorang CG Artist yang bertugas sebagai 3D Modeler dan Animator. Sebagai seorang 3D modeler penulis dituntut dapat mengolah sebuah desain 2D/ konsep menjadi sebuah bentuk 3D agar dapat digunakan dalam sebuah animasi. Sedangkan sebagai Animator, penulis diharuskan membuat gerakan berdasarkan key animasi yang sudah dibuat sebelumnya oleh key animator. UMN Production merupakan sebuah peluang untuk mengembangkan kemampuan penulis dalam pembuatan animasi 3D. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan tentang ilmu pembuatan sebuah karya animasi 3D, dan mengetahui standar yang dibutuhkan dalam industri animasi. Penulis juga mempelajari tentang struktur dan alur pada perusahaan dalam proses membuat sebuah animasi, yang membutuhkan kekompakan tim agar alur pekerjaan sebuah proyek animasi dapat berjalan lancar dan sesuai timeline. Dengan praktek kerja magang ini, penulis mendapatkan pengalaman mengenai bersaing dalam industri animasi dengan bekerja di dalam suatu organiassi.