Daftar Isi:
  • Untuk memenuhi salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana di Universitas Multimedia Nusantara, penulis menyelesaikan Tugas Akhir yaitu, Perancangan Desain Aplikasi Identitas Visual Kedai Kopi Oma Chim. Kedai Kopi Oma Chim adalah kedai kopi asal khas Indonesia asal Sumatera. Budaya minum kopi di Masyarakat Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, kebiasaan "ngopi" atau "ngafe" baru mulai menjamur sejak masuknya kedai kopi ala barat seperti Starbucks. Hal ini pula yang melandasi penulis untuk membahas Kedai Kopi Indonesia. Kesalahan penerapan aplikasi Identitas Visual menimbulkan kesan bias bagi target market. Oleh karena itulah, penelitian ini bertujuan untuk mengembalikan citra Identitas Visual Kedai Kopi Oma Chim sebagai Kedai Kopi dan bukannya sebagai restaurant atau tempat makan. Tipe penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, studi lapangan, studi internet dan studi kepustakaan serta wawancara. Narasumber dalam proses pengumpulan data ini antara lain meliputi : pemilik, supervisor, staff, dan pengunjung Kedai Kopi Oma Chim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengembalikan citra Kedai Kopi Oma Chim, penerapan warna hijau yang tidak sesuai dihilangkan dan diganti dengan warna coklat yang lebih selaras dengan image kopi, penerapan identitas visual, desain layout dan media pamer pendukung diperbaiki dan dimaksimalkan sehingga pengunjung dapat dengan jelas memahami hirarki menu yang menonjolkan kopi sebagai nilai jual utama.