Daftar Isi:
  • Helpdesk adalah sistem manajemen yang dapat membantu menangani kebutuhan user terkait dengan pertanyaan, pelayanan, dukungan, teknis, atau komplain terhadap layanan suatu organisasi. PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk. (WOM Finance) yang berpusat di Jakarta Pusat, memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa kota di Indonesia memakai aplikasi helpdesk yaitu mantis. Namun, dalam penggunaanya, terdapat beberapa kendala seperti pemilihan sumber daya manusia yang akan dialokasikan untuk mengerjakan tiket dan adanya notifikasi email yang kurang efektif. Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan metode untuk memperoleh solusi dari beberapa alternatif yang ada dengan memanfaatkan perbandingan menurut pasangan (pairwise comparison) sebagai dasar dalam menetapkan pilihan sehingga akan mempermudah pada saat menentukan personel helpdesk mana yang akan diberikan tiket. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi helpdesk dengan metode AHP sebagai pendukung keputusan. Pembuatan aplikasi helpdesk ini menggunakan PHP dan MySQL. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi helpdesk telah berhasil dibuat dengan menerapkan metode AHP untuk menunjang keputusan manager memilih personel helpdesk.