studi komparasi kemampuan algoritma greedy dan algoritma minimax menjadi lawan permainan othello pada telepon seluler berbasis android

Main Author: Prakasa, Ivan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/12068/1/BAB%20V.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/2/BAB%20III.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/3/BAB%20II.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/4/BAB%20IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/5/HALAMAN%20AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/6/BAB%20I.pdf
http://kc.umn.ac.id/12068/
Daftar Isi:
  • Android merupakan salah satu sistem operasi bersifat open source pada telepon seluler yang di release oleh Google tahun 2007. Permainan othello adalah salah satu permainan papan tradisional yang terkenal dan murni berbasis strategi. Di ‘android market’ banyak terdapat variasi aplikasi permainan othello. Hal ini dikarenakan ada banyak teknik komputasi untuk menyelesaikan permainan othello, diantaranya adalah algoritma greedy dan algoritma minimax. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma greedy dan algoritma minimax untuk menciptakan lawan permainan pada permainan othello di telepon seluler berbasis android, yang kemudian dilakukan komparasi kemampuan algoritma greedy dan algoritma minimax ketika menjadi lawan bermain manusia dalam permainan othello. Melalui penelitian ini, algoritma greedy dan algoritma minimax berhasil diimplementasikan sebagai lawan permainan dalam permainan othello di telepon seluler berbasis android. Selain itu berdasarkan uji coba dan komparasi yang dilakukan diperoleh kesimpulan terhadap kemampuan algoritma greedy dan algoritma minimax ketika menjadi lawan permainan pada permainan othello.