Perancangan kampanye sosial meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih pedagang pasar tradisional
Main Author: | Ciputri, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/12008/1/bab%20iv.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/2/lampiran.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/3/daftar%20pustaka.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/4/bab%20i.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/5/bab%20v.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/5/halaman%20awal.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/6/bab%20ii.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/7/bab%20iii.pdf http://kc.umn.ac.id/12008/ |
Daftar Isi:
- Pasar Tradisional memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Pasar Tradisional juga memberikan banyak manfaat bagi masyarakat seperti produknya yang segar, harganya yang lebih murah, dan memberikan banyak lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, pasar tradisional perlu didukung dengan kondisi kebersihan yang baik. Namun, kondisi kebersihan di pasar tradisional saat ini sangat memprihatinkan. Ternyata, penyebabnya adalah kurangnya kesadaran pedagang pasar tradisional untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar dan lebih banyak menggantungkan kondisi kebersihan dengan petugas kebersihan pasar. Padahal untuk menciptakan kondisi pasar tradiisonal yang bersih, peran pedagang pasar sangat dibutuhkan. Jika hal ini dibiarkan, maka akan berdampak pada kenyamanan dan minat pengunjung. Pasar tradisional pun tidak akan mampu menjalankan perannya dengan baik. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesadaran para pedagang pasar tradisional, dibutuhkan sebuah kampanye sosial untuk mengubah perilaku mereka. Penelitian dalam kampanye ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari kampanye ini akan diaplikasikan ke berbagai media yang dekat dengan pedagang pasar tradisional seperti poster, kalender, signage, mural, ambient, dan merchandise.