perancangan tokoh untuk game berjudul rakshati
Main Author: | Stephen, Theodore |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/11978/1/bab%20iv.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/2/halaman%20awal.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/2/daftar%20pustaka.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/3/lampiran.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/4/bab%20v.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/5/bab%20i.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/6/bab%20ii.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/7/bab%20iii.pdf http://kc.umn.ac.id/11978/ |
Daftar Isi:
- Pariwisata di kabupaten Gianyar, Bali sedang mengalami penurunan terutama pada objek wisata Candi Gunung Kawi. Sedangkan pada industri kreatif Indonesia sedang mengalami kemajuan yang pesat, akan tetapi menurut kepala badan kreatif Triawan Munaf masih sangat minim sekali developer lokal membuat games yang memasukkan budaya Indonesia ke dalam gamesnya. Ada banyak elemen didalam game, akan tetapi salah satu yang paling terpenting adalah tokoh. Tokoh di dalam game merupakah media dimana cerita dan drama diceritakan, dan menjadi pintu masuk pemain ke dalam dunia game. Permasalahan yang ditemui oleh perancangan ini adalah memasukkan unsur budaya Bali ke dalam tokoh games dengan genre strategy. Untuk mengatasi masalah tersebut pencarian data dilakukan secara literatur dan eksisting, untuk memastikan perancangan tokoh yang sesuai secara budaya. Setelah data terkumpul perancangan dimulai dengan menggunakan metode iterative design. Saat perancangan selesai dan diterapkan user test, resepsi positif didapatkan terutama di salah satu karakter perancangan yaitu Garuda. Atas hasil tersebut perubahan dilakukan terhadap karakter lainnya agar lebih menonjol dibandingkan environment yang ada dan dapat bersinar seperti Garuda. Perubahan tersebut menyelesaikan perancangan, yang menghasilan 4 tokoh protagonis yang memasukkan unsur budaya Bali dalam sebuah media game dengan genre strategy.