Rancang bangun sistem pakar untuk mendeteksi penyebab kerusakan pada ban kendaraan dengan algoritma c 4.5
Main Author: | Gunawan, Kevin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1192/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1192/ |
Daftar Isi:
- Ban merupakan salah satu bagian yang vital dalam kendaraan. Oleh sebab itu diperlukan perhatian dari pengguna kendaraan untuk menjamin kelancaran dan keselamatan dalam berkendara. Namun banyak pengguna kendaraan yang jarang melakukan pengecekkan kondisi ban kendarannya. Ditambah lagi pengetahuan yang minim tentang ban, sehingga sering kali menimbulkan masalah ketika berkendara yang diakibatkan oleh kondisi ban yang tidak baik. Dalam upaya untuk memberikan pengetahuan seputar ban, serta deteksi dini penyebab suatu kerusakan ban maka diperlukan suatu sistem yang memiliki pengetahuan layaknya seorang pakar. Sistem dibangun dalam bentuk website, dengan menggunakan algoritma C 4.5 dengan menerima 45 data training yang kemudian diolah untuk menghasilkan rules yang dapat digunakan untuk menghasilkan keputusan. Dalam menguji sistem ini digunakan metode precision, recall, dan accuracy terhadap 61 data testing, didapatkan hasil nilai precision sebesar 90% untuk kelas baik, 80,77% untuk kelas rusak regular, dan 76% untuk kelas rusak irregular. Hasil nilai recall sebesar 81,82% untuk kelas baik, 77,78% untuk kelas rusak regular, 82,61% untuk kelas rusak irregular. Serta nilai accucary sebesar 80,33%.