Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perubahan bisnis media di era perkembangan teknologi saat ini. Salah satu bentuk transformasi yang banyak dilakukan oleh media-media saat ini adalah konvergensi media. Fenomena ini sudah berlangsung cukup lama, namun Media Bisnis dan Investasi KONTAN justru baru melakukan di pertengahan 2017. Hal ini lantas mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait proses konvergensi media di KONTAN ditinjau dari aspek penelitian workflow, multi-skilling, dan resistensi kultur dan dikaji dengan teori Social Construction of Technology (SCOT). Paradigma penelitian ini adalah konstruktivis dengan jenis penelitian kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Adapun metode yang digunakan adalah studi kasus milik Robert E. Stake, karena penelitian ini bertujuan untuk menggali sebanyak mungkin informasi mengenai fenomena konvergensi media di KONTAN. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa konvergensi media yang diterapkan oleh KONTAN dianggap sebagai bentuk transformasi yang tepat baik dari segi workflow, multi-skilling, hingga resistensi kultur.