Daftar Isi:
  • Untuk meningkatkan sistem pelayana kepada masyarakat , maka PT Batik air mulai mengimplementasikan teknologi Self Service (SST) untuk melakukan Check-in di Bandara Soekarno-Hatta. Implementasi teknologi baru tersebut menjadi latar belakang penelitian ini dibuat, yaitu ingin menganalisa bagaimana hubungan antara faktor demografi, sikap konsumen dan niat untuk menggunakan SST check-in pada PT Batik Air. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner dengan jumlah responden tersebut yang pernah menggunakan teknologi SST check-in ini. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesa melalui uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi (R2). Untuk menguji hubungan antara faktor demografi dengan karakteristik konsumen dilakukan dengan dua metode sesuai kebutuhan yaitu independent sample t test dan Uji Anova (Analysis of Variance). Untuk menguji pengaruh antara sikap konsumen terhadap variabel niat untuk menggunakan SST maka dilakukan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk Batik Air agar teknologi Self Service check-in yang diimplementasikannya dapat digunakan dengan baik oleh semua kalangan masyarakat sehingga tercipta efisiensi dan juga keuntungan bagi perusahaan.