Strategi Social Media Marketing Zalora Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement (Studi Kasus Kampanye Harbolnas 2018 di Instagram)

Main Author: Yunny, Yunny
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/11653/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/11653/
Daftar Isi:
  • Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia. Melalui kegiatan social media marketing pada kampanye Harbolnas 2018, Zalora berhasil mendapatkan peningkatan jumlah pengunjung web sebanyak dua juta pengunjung dan jumlah transaksi sebanyak lima belas kali lipat dibandingkan penjualan pada hari biasanya. Judul skripsi ini adalah "Strategi Social Media Marketing Zalora Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement: Studi Kasus Kampanye Harbolnas 2018 di Instagram". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi social media marketing yang dilakukan Zalora Indonesia dalam meningkatkan brand engagement melalui akun Instagram pada periode kampanye Harbolnas 2018. Untuk menganalisis social media marketing yang dilakukan Zalora, peneliti menggunakan model strategi The Social Media Strategy Wheel dari Breakenridge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa strategi yang dilakukan Zalora Indonesia adalah dengan memaksimalkan konten organik, influencer edorsement, dan giveaway yang akhirnya berhasil meningkatkan brand engagement dengan peningkatan impressions sebanyak 100-150% atau traffic sebanyak dua kali lipat, dan pertumbuhan followers sebanyak sebelas ribu dalam waktu satu minggu.