Strategi corporate social responsibility (CSR) PT Sumber Alfaria Trijaya, TBK dalam meingkatkan reputasi perusahaan: studi kasus pada program alfamart sahabat indonesia (ASI)
Main Author: | Yunita, Sherly |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1151/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1151/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang strategi Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Dalam menyiasati persaingan bisnis yang ketat, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk menyadari pentingnya menjalankan tanggung jawab sosial sebagai bagian dari pembangunan berkelanjutan. Penerapan teori dan konsep dalam penelitian ini di antaranya Public Relations, Corporate Communication, Corporate Social Responsibility, Strategi Perencanaan CSR, dan reputasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini didukung oleh teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam juga studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi CSR PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sudah tepat, di mana program CSR yang dijalankan sesuai dengan konsep dan strategi CSR menurut Holladay and Coombs, dan juga konsep sustainable development. Program CSR Alfamart Sahabat Indonesia (ASI) dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Hal ini dilihat dari peningkatan pemberitaan positif di media, peningkatan penghargaan yang diraih Alfamart setelah menjalankan CSR di tahun 2008, testimoni masyarakat, juga meningkatnya UKM binaan Alfamart.