Implementasi social customer relationship management PT XL Axiata TBK untuk meningkatkan public engagement (studi kasus twitter dan facebook)
Main Author: | Rahmita, Soraya Windy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1149/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1149/ |
Daftar Isi:
- Persaingan di dunia industri telekomunikasi membuat perusahaan-perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba dalam mengambil hati pelanggan. Ada banyak cara yang digunakan untuk menarik pelanggan. Cara yang paling umum adalah dengan beriklan. Namun, dengan beriklan, hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya tidak akan mendalam. Menyadari hal ini, PT XL Aziata Tbk. memilih untuk mengambil simpati pelanggan melalui social CRM yang dijalaninya. Melihat tumbuhnya animo masyarakat dalam bersosial media menjadi celah tersendiri bagi XL Axiata untuk menjamah pelanggannya melalui sosial media. Sebagai industri yang bergerak di jasa telekomunikasi, aktifnya XL Axiata di sosial media juga memberikan dampak yang baik kepada hubungan antara publik dengan perusahaan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah Marketing Public Relations, Customer Relationship Management, Strategi CRM, Social CRM, Social Media, dan Strategi Social CRM. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitianstudi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjabarkan bahwa implementasi Social CRM yang dijalankan melalui relationship dan conversation engagement memberikan dampak yang besar terhadap dalamnya hubungan antara perusahaan dengan publiknya di social media.