Tingkat Kepuasan Khalayak terhadap Podcast sebagai Sumber Berita (Survei terhadap Generasi Milenial Pendengar Podcast Era.id Usia 18-38 Tahun)
Main Author: | Nurul Aridha, Apriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/11175/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/11175/ |
Daftar Isi:
- Banyaknya media online saat ini, tentu memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi, hiburan, dan lain sebagainya. Meskipun pembaca ingin mengetahui informasi sebagai sumber berita, rata-rata pembaca khususnya di era digital saat ini menginginkan informasi yang serba cepat dengan tidak harus membaca artikel atau berita panjang di laman website tersebut. Dengan adanya penyajian berita melalui podcast, informasi atau berita dapat diringkas dan lebih mudah dipahami oleh pendengar yang ingin memperoleh berita secara instan tanpa harus membaca teks. Rumusan masalah yang menjadi topik penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat kepuasan generasi milenial terhadap podcast di Era.id sebagai sumber berita dengan teori uses and gratification dan konsep mengenai keterkaitan Gratification Sought dan Gratification Obtained dengan mengukur kepuasan pendengar pemberitaan podcast di Era.id, berdasarkan hasil dari Gratification Discrepancy. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kepuasan generasi milenial terhadap podcast di Era.id sebagai sumber berita. Metodologi yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan metode survei deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan sebuah populasi yang diteliti. Dari hasil penelitian ini, dapat di simpulkan terdapat kepuasan terhadap pendengar podcast di Era.id pada motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan.