Daftar Isi:
  • Aktivitas logistik berperan penting dalam proses bisnis dan perdagangan suatu perusahaan. Dikarenakan aktivitas logistik yang kompleks serta tingginya biaya investasi dalam bidang logistik, kebanyakan perusahaan memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan penyedia layanan logistik atau yang biasa disebut sebagai logistic service provider. Tujuan perusahaan menggunakan bantuan dari penyedia layanan logistik adalah perusahaan dapat lebih fokus pada bisnis inti, mengurangi investasi dan pengeluaran, serta memperkecil kemungkinan terjadinya resiko. PT Almanda Nuansa Cipta merupakan salah satu perusahaan yang melakukan kerja sama dengan logistic service provider. Perusahaan menggunakan logistic service provider untuk mempermudah aktivitas distribusi atau pengiriman produk ke berbagai store yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Saat ini, perusahaan melakukan kerja sama dengan empat provider, yaitu provider A,B,C, dan provider D. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam memilih provider yang tepat sesuai dengan kriteria yang menjadi prioritas bagi perusahaan. Pada penelitian ini, peneliti akan melakukan pembahasan mengenai lima kriteria dan dua belas subkriteria yang dapat menjadi standar pengukuran dalam pemilihan provider. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan dibantu dengan software Expert Choice. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria yang menjadi prioritas utama dalam pemilihan provider yang terbaik adalah kriteria service (layanan). Sedangkan subkriteria yang menjadi prioritas adalah customer support service (layanan dukungan pelanggan). Provider terbaik yang dapat menjadi pilihan utama bagi perusahaan adalah provider B.