Pengembangan Fitur Pembedaan Pagu, History, dan Notifikasi WhatsApp dalam Aplikasi Medical Reimburse Online pada HR-PORTAL (Studi Kasus Group of Retail and Publishing Kompas Gramedia)
Main Author: | Yudi Prabowo, Ivan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/11013/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/11013/ |
Daftar Isi:
- Departemen Human Resource Information System dan departemen Remuneration Group of Retail and Publishing (GoRP) telah mengembangkan dan mempublikasikan aplikasi Medical Reimburse Online pada karyawan di unit GoRP. Selama proses publikasi, terdapat beberapa kasus ditemukan, yaitu karyawan tidak dapat menelusuri dokumen medical reimburse yang telah diajukan, karyawan tidak dapat mengajukan penggantian biaya kacamata saat pagu rawat jalan telah habis, serta masih banyaknya karyawan yang kurang terinformasi karena kurangnya pemberitahuan mengenai dokumen pengajuan medical reimburse yang telah diajukan. Berdasarkan kasus tersebut, maka pengembangan fitur-fitur pada aplikasi Medical Reimburse Online, seperti fitur pembedaan pagu rawat jalan karyawan dengan pagu kacamata istri, anak dan karyawan, fitur history pengajuan medical reimburse karyawan, serta fitur pengiriman notifikasi pemberitahuan status pengajuan karyawan melalui aplikasi WhatsApp dibutuhkan. Pengembangan fitur- fitur tersebut berhasil dilakukan dan dipublikasikan kepada karyawan GoRP, dengan berbasis web, melalui HR-PORTAL dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pada proses pengembangan, terdapat penggunaan beberapa library dan Application Programming Interface (API) yang digunakan, baik itu yang diperoleh dari luar, maupun yang dibuat langsung oleh pihak HRIS. Fitur-fitur pada aplikasi Medical Reimburse Online ini telah dievaluasi menggunakan Use Questionnaire dan Skala Likert, dengan hasil sebesar 83.33% pada kategori Usefulness, 77.7% pada kategori Ease of Use, 82% pada kategori Ease of Learning, 81.9% pada kategori Satisfaction, dan 80.75% secara keseluruhan, yang dapat menyimpulkan fitur yang dikembangkan sangat berguna dalam proses medical reimbursement karyawan.