Analisa Trust terhadap Developer's Reputation dan Perceived Risk serta Implikasinya terhadap Intention to Use Telaah pada Aplikasi Shopback

Main Author: Anson, Anson
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10949/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10949/
Daftar Isi:
  • Aplikasi Shopback merupakan aplikasi e-commerce dimana pengguna dapat berbelanja secara daring dan mengumpulkan reward berupa cashback. Melalui aplikasi Shopback, pengguna dapat merasakan benefit yang diperoleh ketika menggunakan aplikasi tersebut. Trust menjadi masalah yang serius karena dengan rendahnya Trust maka konsumen akan takut untuk menggunakan suatu aplikasi dan akan menurunkan keinginan konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut. Makadari itu peneliti tertarik untuk meneliti aplikasi Shopback dari sudut pandang calon pengguna aplikasi Shopback sehingga aplikasi ini dapat terus berinovasi dan bertahan dari competitor - competitor yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi intention to use calon pengguna aplikasi atau website Shopback yang akan melakukan pembelanjaan secara daring dan menggunakan aplikasi Shopback. Model teoritis dalam penelitian ini menggunakan descriptive analysis design dengan menggunakan metode nonprobability sampling, menggunakan judgmental sampling dan disampaikan dengan 4 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden yang berbelanja daring minimal 1 kali dalam 1 bulan terakhir dan tertarik akan Cashback serta mengetahui aplikasi atau website Shopback. Karena itu, peneliti ingin meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi intention to use calon pengguna aplikasi Shopback di masa yang akan datang, dengan menggunakan faktor trust (TR), perceived risk(PR), dan developer's reputation (DR). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara Trust (TR), Perceived Risk (PR), dan Developer's Reputation (DR) terhadap Intention to Use(IU).