Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Attitude dan Implikasinya terhadap Intention to Use: Telaah pada Aplikasi DANA
Main Author: | Tanuwijaya, Dicky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10945/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10945/ |
Daftar Isi:
- Pada era yang semakin modern, berbagai macam jenis metode pembayaran sudah disediakan di Indonesia terutama yang sedang naik tren yaitu jenis pembayaran m-payment. Pada m-payment sendiri terdapat metode yaitu dengan cara QRCODE PAYMENT yaitu dengan cara di Scan. Aplikasi DANA merupakan salah satu produk uang elektronik yang menggunakan metode Scan QRcode. Melihat para kompetitornya, Aplikasi DANA memiliki pengguna yang sedikit dibandingkan pendatang barunya. Peneliti bertujuan untuk meneliti Aplikasi DANA yang jumlah penggunanya tidak terlalu banyak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 12 hipotesis yang akan diuji menggunakan Structural Equation Model, dimana ukuran sample dalam penelitian ini adalah 157 responden yang pernah menggunakan Aplikasi DANA? Hasil analisis pada Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara PIIT dengan Perceveived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Intention to use, Perceived Ease of use positif dengan Perceived Usefulness dan Attitude, Subjective Norm berpengaruh positif terhadap Attitude dan Intention, Perceived Security memiliki hubungan positif terhadap Attitude. Serta ada pengaruh positif antara Perceived Compatibility dengan Perceived Usefulness. Dari hasil penelitian yang ada, penelitian ini menyarankan perusahaan untuk lebih fokus pada variabel yang signifikan seperti Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness karena ternyata menjadi faktor utama dalam meningkatkan minat calon konsumen menggunakan Aplikasi DANA.