Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi berupa internet menggeser pola konsumsi masyarakat dalam mengakses informasi. Saat ini banyak masyarakat yang mengakses berita melalui media sosial. Banyaknya khalayak yang mengakses informasi melalui media sosial, membuat media online di Indonesia tertarik untuk mendistribusikan beritanya melalui media sosial. Salah satunya IDN Times yang menggunakan media sosial Instagram sebagai alat pendistribusian beritanya. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi interaktivitas pada akun media sosial Instagram yang dimiliki IDN Times. Penelitian ini, menggunakan konsep interaktivitas, new media, media sosial, Instagram, dan media sosial dan jurnalisme. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi apa saja yang digunakan oleh tim Audience Development untuk meningkatkan tiga jenis interaktivitas yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Kemudian penelitian ini menggunakan paradigma Post-positivisme dan bersifat deskriptif. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dan studi dokumen untuk mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah, pihak Audience Development memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di Instagram untuk meningkatkan tiga jenis interaktivitas yang ada.