Analisis Fungsi dan Karakteristik Komentator Sepak Bola di Industri Televisi Indonesia (Studi Kasus Komentator Sepakbola di Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak)
Main Author: | Edgar, Evans |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10857/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10857/ |
Daftar Isi:
- Olahraga sepakbola menjadi hal yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Dalam Survei Nielsen Tahun 2015 mengungkapkan, Indonesia menjadi urutan kedua sebagai negara dengan penggemar sepakbola terbanyak. Hal ini yang membuat banyaknya tayangan di media massa mengenai olahraga, khususnya sepakbola. Dalam sebuah produksi televisi sepakbola ada banyak elemen yang dibutuhkan salah satunya komentator sepakbola. Penelitian ini akan melihat fungsi dan karakteristik komentator sepakbola dengan menggunakan studi kasus komentator sepakbola di Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak yang tayang di Indosiar. Ada beberapa jenis komentator yang ikut dalam sebuah tayangan televisi yaitu komentator play-by-play, color, sideline reporter dan juga host. Penelitian ini akan menggunakan penelitian kualitatif dengan paradigma post- positivistik. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi, penelitian ini akan menganalisisnya dengan studi kasus. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa hampir seluruh fungsi dan karakteristik komentator sepakbola ada di dalam tayangan Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak. Namun ada beberapa temuan yang menarik seperti: (1) komentator color ikut dalam membuat tayangan menjadi lebih menarik, tidak hanya memberikan analisisnya saja. (2) Sosok host dalam tayangan ini disamakan dengan komentator play-by-play di mana sebuah tayangan olahraga sempat memiliki tren menggunakan selebriti sebagai host (3) Dalam produksi tayangan televisi, para komentator diberikan keleluasaan untuk memberikan komentar. Tim produksi fokus kepada bagaimana menjaga tempo dan emosi saat berkomentar agar tayangan menjadi lebih menarik.