Daftar Isi:
  • Dalam sebuah animasi, karakter merupakan salah satu aspek yang penting karena tokohlah yang akan membawa dan menyampaikan cerita tersebut. Proses pembuatan animasi 3D tidak jauh dari perancangan tokoh yang baik. Karakter yang baik adalah karakter yang dapat menyampaikan pesan cerita tidak hanya dari percakapannya saja, melainkan juga dari gestur dan bentuk dari karakter. Demi mencapai hal tersebut tokoh harus bisa terlihat believeable dan mempunya karakteristik yang matang. Tugas akhir ini didasari oleh keinginan membuat animasi 360 mengenai tradisi Cap Go Meh sehingga perancangan tokoh akan lebih realistik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah observasi, studi pustaka, dan eksplorasi dalam melakukan perancangan tokoh. Tujuan penulisan adalah untuk mengaplikasikan proses three dimensional character kedalam bentuk karakter, sehingga mendapatkan hasil akhir perancangan tokoh dalam animasi "Cap Go Meh". Perancangan tokoh ras Tionghoa yang penulis lakukan akan digunakan sebagai aset pada Tugas Akhir animasi 360. Tokoh-tokoh ini akan membantu audiens untuk mengerti tujuan yang ingin dicapai penulis.