Daftar Isi:
  • Implementasi komunikasi CSR merupakan salah satu bentuk komunikasi perusahaan yang penting dan wajib untuk dilakukan. Selain sebagai bentuk kinerja perusahaan yang baik, upaya mengkomunikasikan program CSR juga merupakan salah satu bentuk dari prinsip Good Corporate Governance (GCG) yaitu transparansi dan akuntabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi CSR yang dilakukan PT Pertamina EP khususnya dalam program Bumi Kreatif Agar Makmur menggunakan framework komunikasi CSR menurut Du, Battacharya, dan Sen. Program Bumi Kreatif Agar Makmur merupakan salah satu program unggulan CSR PT Pertamina EP di bidang ekonomi yang bergerak pada ide mengelola dan memanfaatkan limbah produk rumput laut yang berada di pesisir utara Karawang. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan melalui proses triangulasi yang selanjutnya dikaitkan dengan konsep terkait untuk ditarik simpulannya. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas komunikasi CSR pada program bumi kreatif agar makmur sudah sesuai dengan framework menurut Du, Battacharya, dan Sen. Akan tetapi, masih ada unsur yang belum sesuai yaitu CSR Fit.