Strategi Konten Media Sosial Perusahaan Teknologi M Indonesia dalam Membangun Customer Engagement: Studi Kasus Pemanfaatan Media Sosial Perusahaan Teknologi M Indonesia
Main Author: | Glory Theo Ambarita, Yahya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10699/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10699/ |
Daftar Isi:
- Perilaku pelanggan yang senantiasa berubah seiring dengan perkembangan teknologi informasi, perusahaan dituntut untuk dapat tetap menjalin hubungan yang dekat dengan pelanggannya. Di tengah sengitnya persaingan bisnis, perusahaan perlu membangun customer engagement sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Media sosial menjadi salah satu saluran yang digunakan perusahaan dalam membangun customer engagement. Perusahaan teknologi M Indonesia membentuk sebuah strategi konten media sosial dalam upaya membangun engagement dengan pelanggan dan juga fans perusahaan. Perusahaan teknologi M Indonesia menggunakan strategi konten media sosial berupa blogging, microblogging, dan social network. Penelitian ini berfokus dalam pemanfaatan strategi social media trinity (blogging, microblogging, dan social network) yang dipopulerkan oleh Lon Safko, dan juga customer engagement cycle yang dijabarkan oleh C. M. Sashi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post- positivisme dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa perusahaan teknologi M Indonesia telah berhasil mencapai tahapan engagement sesuai dengan customer engagement cycle yang dilihat dari keterlibatan fans secara aktif pada seluruh aktivitas perusahaan.