Representasi sensualitas perempuan dalam iklan top white coffee versi raline shah (analisis semiotika dalam iklan televisi)
Main Author: | Angelina, Liem Jessica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1069/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1069/ |
Daftar Isi:
- Peneliti mengambil judul ini karena tertarik dengan perkembangan dunia periklanan di Indonesia yang semakin mengutamakan kepentingan komersil dan semakin melupakan moral dan etika yang ada. Periklanan saat ini berusaha untuk mempengaruhi audiens dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan keindahan tubuh perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi sensualitas perempuan yang ditampilkan dalam iklan Top White Coffee versi Raline Shah. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis semiotika Charles S. Peirce dalam penelitian ini. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivis. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah periklanan, televisi sebagai media iklan, komunikasi verbal dan non-verbal, semiotika sebagai metode analisis tanda, representasi, sensualitas dan perempuan. Dalam penelitian ini, hasilnya ditemukan tanda-tanda yang diperoleh dari setiap adegan, baik secara verbal maupun non-verbal yang merepresentasikan sensualitas perempuan, khususnya kenikmatan yang diperoleh dari minuman tersebut. Hal ini dapat dilihat melalui bahasa tubuh dan suara menggoda yang ditampilkan oleh seorang perempuan cantik.