Pengaruh Penggunaan dan Terpaan Media Sosial terhadap Tingkat Perubahan Sikap (Studi Kasus Kampanye #PantangPlastik di Instagram @Greenpeaceid)

Main Author: Adhitya Apriliana, Mega
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10680/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10680/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi pada isu hangat, yaitu pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik, sehingga beberapa negara menjalankan aksi menjaga lingkungan. Sementara itu, Indonesia pada saat ini mulai menggerakan beberapa aksi perubahan lingkungan yang positif mengenai pengurangan sampah plastik. Salah satunya Lembaga Swadaya Masyarakat Greenpeace Indonesia. Greenpeace Indonesia menggunakan media sosial salah satunya Instagram untuk menyalurkan aksi positifnya yaitu berkampanye mengenai tagar #PantangPlastik. Kampanye tersebut tentunya untuk menciptakan perubahan yang positif seperti perubahan sikap untuk tidak menggunakan sampah plastik atau mengurangi penggunaan sampah plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial di akun Instagram Greenpeace Indonesia (@greenpeaceid) terhadap tingkat perubahan sikap mengurangi penggunaan plastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Survei dilakukan pada pengikut (followers) Instagram @greenpeaceid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial (X1) dan variabel terpaan media (X2) mempengaruhi variabel tingkat perubahan sikap (Y) sebesar 0,509 atau 50,9%. Sedangkan 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.