Analisis Resepsi Multidimensi Khalayk Jurnalistik terhadap Berita Satir (Resepsi Khalayak Jurnalistik terhadap Konten MR.NGEHEK OPINI.ID)
Main Author: | Rangga Dynand Pratomo, Dimas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10677/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10677/ |
Daftar Isi:
- Satire news atau berita satir, adalah sebuah literature berita yang menggabungkan kritik, dan humor secara seimbang dalam penyajiannya. Salah satu karakteristik berita satir adalah penyajian yang berlebihan atau hiperbola, serta menggunakan penyajian unik. Seperti pernyataan terbalik, singgungan, hingga skenario komedi. Namun, sebuah berita satir juga harus memiliki tajuk berita, kebenaran, serta kejujuran Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Konsep utama yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan penelitian ini adalah model resepsi Multidimensi milik Carolyn Michelle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan beberapa narasumber utama dan narasumber pendukung yang dapat memenuhi kebutuhan dari hasil penelitian ini. Kini setelah perkembangan new media, media online Indonesia sudah mulai merambah bahasa berita satir dalam penyajian beritanya. Salah satu media tersebut adalah adalah opini.id. Salah satu media muda, yang bernaung di bawah PT. Global Visi Media. Opini.id memang memiliki website sendiri, kemudian juga memiliki kanal Youtube untuk merilis konten videonya. Kanal Youtube tersebut, per 3 Oktober 2018, memiliki pengikut sebanyak 67.000. Untuk itu, peneliti akan melakukan analisis resepsi khalayak jurnalistik, terhadap konten berita satir yang diproduksi media online Opini.id lewat segmen Mr. Ngehek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian replikasi dari Carolyn Michelle, yang berjudul Modes of Reception: A Consolidated Analytical Framework. Akhirnya, ditemukan pesan denotative pada konten MR. NGEHEK dengan menjadikan konten MR. NGEHEK text as life. Dari hasil ini, peneliti dapat mengelompokan resepsi khalayak jurnalistik ke dalam 3 kategori penerimaan, yaitu; hegemonic, contesting, dan counter-hegemonic. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi sarana evaluatif bagi konten berita satir Indonesia.