Pengaruh Sales Promotion terhadap Minat Beli Music Streaming Application Survei pada Mahasiswa Pengguna Spotify & Joox di DKI Jakarta

Main Author: Ingrida Meidiyanti, Nadya
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10654/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10654/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan music streaming secara global meningkat cukup pesat. Bahkan kini, 75% dari revenue industri musik global didominasi oleh music streaming aplication. Terdapat music streaming application yang hadir di pasar seperti Spotify dan Joox. Kehadiran music streaming juga mengubah cara masyarakat mengonsumsi lagu. Kini konsumen hanya perlu menggunakan satu aplikasi untuk menemukan jutaan lagu selama pengguna terkoneksi dengan jaringan internet. Namun, belum lama ini, masyarakat terbiasa mengonsumsi konten gratis melalui media sosial atau lewat pembajakan. Oleh karena itu perusahaan berusaha membuat strategi komunikasi pemasaran untuk menarik minat beli konsumen, salah satunya lewat sales promotion. Penelitian kuantitatif berjudul "Pengaruh Sales Promotion terhadap Minat Beli Music Streaming Application: Survei Pada Mahasiswa Pengguna Spotify & Joox di DKI Jakarta" ini bertujuan untuk mengukur apakah sales promotion berdampak pada minat beli music streaming application khususnya Spotify dan Joox oleh mahasiswa universitas di DKI Jakarta. Untuk mengumpulkan data, kuesioner disebarkan dengan teknik cluster sampling dan pengolahan melalui random.org. hasilnya sebanyak 400 kuesioner dibagikan kepada mahasiswa universitas di sekitar DKI Jakarta. Kuesioner penelitian ini menggunakan Skala Likert untuk mengukur sikap responden. Selanjutnya hasil kuesioner yang didapat diolah menggunakan SPSS dengan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan data, terdapat pengaruh antara variabel sales promotion sebesar 31,9% terhadap variabel minat beli music streaming application oleh mahasiswa universitas di DKI Jakarta.