Daftar Isi:
  • Ekspresi wajah dan gerakan lip-sync karakter animasi adalah salah satu faktor yang membuat karakter terlihat meyakinkan di mata penonton. Dalam animasi 3D, kedua hal tersebut ditentukan oleh facial-rigging yang baik dan memungkinkan berbagai macam bentuk ekspresi wajah pada karakter. Salah satu ekspresi wajah yang dapat tampil pada karakter adalah ekspresi rasa takut yang terjadi saat karakter merasa dalam bahaya. Pembuatan facial-rigging karakter manusia yang baik harus sesuai dengan gerakan muka yang memungkinkan bagi manusia. Hampir seluruh gerakan muka manusia telah tercatat dalam sistem Facial Action Coding System atau FACS. Topik ini dipilih oleh penulis karena karakter penulis yang bersifat manusia. Sistem FACS juga dapat dan pernah dipakai dalam animasi, namun belum pernah dibahas. Kelengkapan gerakan muka dalam sistem ini dapat memungkinkan ekspresi muka yang meyakinkan bagi penonton film animasi dan dapat menjadi acuan bagi animator dalam membuat facial-rigging dan animasi muka. Penulis akan melakukan studi literatur tentang ekspresi; kepribadian dan emosi manusia, terutama rasa takut dan sistem FACS. Penulis juga akan melakukan studi tentang facial-rigging secara singkat. Lalu penulis akan menghubungkan studi literatur yang telah dilakukan dengan ekspresi yang tampil pada tokoh animasi yang sudah ada sebelum mengaplikasikan ekspresi rasa takut pada karakter penulis.