Perancangan Kampanye Sosial untuk Meningkatkan Kegemaran Anak Balita dalam Mengkonsumsi Sayuran Hijau
Main Author: | Nadya, Nadya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10620/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10620/ |
Daftar Isi:
- Konstipasi merupakan masalah pencernaan yang disebabkan karena kurangnya makanan yang berserat. Sehingga menurut bapak Chudahman Manan selaku Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Gastroenterologi Indonesia mengatakan bahwa konstipasi yang terjadi dan berlangsung lama akan membuat anak menjadi trauma, konstipasi kronik, serta menjadi kanker usus. Serta berdasarkan wawancara yang ditujukan kepada orangtua yang memiliki anak usia balita menyimpulkan bahwa, terjadinya konstipasi pada anak disebabkan karena anak tidak menyukai sayuran. Kurang lebih 93% anak Indonesia pada zaman ini kurang mengkonsumsi sayuran, hal tersebut diketahui melalui riset yang dilakukan oleh riset Kesehatan Dasar dan 60% diantaranya merupakan anak kecil. Oleh sebab itu, penulis membuat sebuah kampanye sosial yang bertemakan sayuran khusnya sayuran hijau yang ditargetkan kepada ibu muda yang mempunyai anak usia balita untuk memberi cara untuk mengatasi anak yang tidak menyukai sayuran hijau. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran anak dalam meningkatkan untuk mengkonsumsi sayuran. Penulis menggunakan metode yang dibubat oleh Robin Landa dan menggunakan strategi perancangan AISAS. Sehingga hasilnya dapat membuat kampanye dengan menggunakan media online dan offline.