Penggunaan Media Sosial oleh Media Radio untuk Mendukung Audience Engagement: Studi Kasus terhadap Interaktivitas di Instagram Radio Sonora FM Jakarta
Main Author: | Samsuddin, Samantha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10611/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10611/ |
Daftar Isi:
- Di era digital ini, media radio harus mempertahankan interaksi dan engagement dengan pendengarnya agar tetap bisa eksis. Salah satu cara yang bisa dilakukan media radio untuk mendukung audience engagement ini adalah dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana bentuk interaktivitas yang terjadi di Instagram radio Sonora FM Jakarta dengan menggunakan konsep tiga tipe interaktivitas dari Sally J. McMillan, yakni User to User Interactivity, User to Documents Interactivity, dan User to System Interactivity untuk mendukung audience engagement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam User to User Interactivity, interaksi yang terjadi dibagi menjadi dua, yaitu interaksi antara sesama pengguna dan antara admin dengan pengguna. Sementara dalam User to Documents Interactivity, Instagram radio Sonora FM Jakarta menunjukkan adanya tiga model interaksi, yaitu interaksi cara lama, interaksi cara baru dengan Instagram, dan interaksi dari media baru ke media baru lainnya. Sayangnya, User to System Interactivity di Instagram radio Sonora FM Jakarta belum diaplikasikan secara maksimal. Kemudian interaktivitas User to User dan User to Documents bisa meningkatkan audience engagement, sementara interaktivitas User to System belum bisa memberikan audience engagement yang lebih baik.