Analisa Pemilihan Supplier di PT Citramulia Gunamandiri dengan Pendekatan Terpadu Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Additive Ratio Assessment (ARAS) dan Multi-Choice Goal Programming (MCGP)
Main Author: | Bryan, Bryan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10595/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10595/ |
Daftar Isi:
- Semakin berkembangnya perekonomian di Indonesia, mengharuskan beberapa perusahaan untuk bisa memajukan perekonomian di bidangnya masing-masing. Salah satunya adalah industri plastik yang merupakan industri yang dibutuhkan di berbagai lini seperti produk makanan dan minuman, farmasi, elektronik, otomotif dan sebagainya. Hal tersebut menyebabkan perusahaan perlu memperhatikan kualitas produk dan kecepatan proses produksi pada pengiriman barangnya agar dapat mampu memiliki daya saing yang tinggi. Di paling awal proses. peranan supplier sangatlah penting dalam melakukan supply untuk bahan baku yang dibutuhkan perusahaan. Pada penelitian ini penggunaan metode Multi-Criteria Decision Making (MCDM) dapat menjadi acuan peneliti dalam penggunaan metode terpadu yang ada didalamnya yaitu metode pertama adalah Analytical hierarchy process (AHP) untuk menentukan kriteria. Terdapat 4 kriteria yang digunakan yaitu price, quality, delivery dan service. Selain itu untuk menghitung pairwise comparison dari hasil yang diperoleh dari kuesioner kepada 5 responden yang terlibat dalam pemilihan supplier di PT Citramulia Gunamandiri. Metode kedua yang digunakan Additive Ratio Assessment (ARAS) untuk mendapatkan closeness coefficient (koefisien kedekatan) yang dapat melakukan pembobotan perankingan untuk masing-masing supplier yang ada berdasarkan kriteria yang digunakan. Hasil akhir dari pendekatan kedua metode tersebut dianalisa kembali dengan penggunaan metode ketiga yaitu Multi-Choice Goal Programming (MCGP) dengan menggabungkan hasil akhir metode ARAS, ditambah dengan informasi batasan terkait penentuan pemilihan supplier untuk megetahui solusi yang paling optimal dalam pengambilan keputusan supplier selection dengan penggunaan Linear Programming di PT Citramulia Gunamandiri.