Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Kedai Nusa Kopi (Survei pada Pelanggan kedai Nusa Kopi)
Main Author: | Valianda, Sabila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10579/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10579/ |
Daftar Isi:
- Kopi telah menjadi salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah kedai kopi di Indonesia khususnya ibu kota Jakarta, di mana membuat persaingan semakin ketat dan memiliki pelanggan setia menjadi salah satu aset perusahaan paling utama. Saat ini pelaku bisnis harus mulai fokus pada penyampaian nilai (value) dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kedai Nusa Kopi adalah kedai kopi yang didirikan pada tahun 2015. Awal mula kedai Nusa Kopi dibentuk karena adanya rasa nasionalis yang tinggi dari sang pemilik dan kecintaanya terhadap kopi Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat adakah dan seberapa besar pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan kedai Nusa Kopi. Beberapa teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marketing Communication, Customer Relationship Management, dan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 330 responden yang merupakan pelanggan pada kedai Nusa Kopi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel customer relationship management (X) mempengaruhi variabel loyalitas pelanggan (Y). Pengaruh yang ada cukup besar dan memiliki hubungan korelasi positif yang mantap.