Peran Budaya Organisasi dan Pola Aliran Komunikasi Organisasi dalam Membentuk Loyalitas Pegawai (Studi Kasus PT Aero Systems Indonesia)
Main Author: | Angelina, Angelina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10560/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10560/ |
Daftar Isi:
- Dunia bisnis yang berkembang saat ini dipengarui dua faktor utama yang memberi tantangan dalam era globalisasi yaitu dari faktor eksternal dan internal. Faktor eskternal tidak sepenuhnya dapat dikelola oleh perusahaan, sedangkan yang mengemuka dari faktor internal biasanya terkait dengan bagaimana manajemen mengelola perusahaannya. Dengan pendekatan manajemen komunikasi organisasi dalam budaya organisasi dan pola aliran komunikasi organisasi diharapkan dapat membentuk loyalitas pegawai. Loyalitas penting dibentuk bagi stakeholder internal agar dapat mendorong kemajuan perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini menggunakan teori dan konsep yaitu pendekatan manajemen organisasi, komunikasi organisasi, budaya organisasi, pola aliran komunikasi organisasi, dan loyalitas pegawai. Pendekatan kualitatif menggunakan paradigma post- positivisme dan mengadaptasi studi kasus Robert K. Yin. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu kegiatan komunikasi organisasi di PT Aero Systems Indonesia selalu terkait dengan budaya organisasi yang terapkan melalui nilai perusahaan yaitu ACTION dan pola aliran komunikasi organisasi terbentuk dengan selalu melibatkan pegawai baik dari atasan dan bawahan. Kedua hal tersebut menciptakan suasana harmonis yang menyebabkan kenyamaan bagi pegawai sehingga membentuk loyalitas.