Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Tingkat Kepercayaan pada Berita terhadap Kecenderungan Perilaku Membagikan Berita: Penelitian pada Mahasiswa Pengguna LINE TODAY di Jakarta, Surabaya, Medan

Main Author: Delasari, Natasya
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10554/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10554/
Daftar Isi:
  • Masifnya penggunaan internet berdampak langsung pada pergeseran orientasi dan gaya hidup pengguna menjadi pembaca media daring. Kemampuan internet menggabungkan media sosial, media daring, dan algoritma melahirkan aggregator berita, seperti LINE TODAY. Di sisi lain, kecepatan sistem kerja aggregator berita tidak selalu diimbangi dengan kualitas jurnalistik yang mumpuni. Di tengah kualitas pemberitaan yang relatif memburuk, perilaku masyarakat dalam membagikan berita ke berbagai platform media sosial dan aplikasi kirim pesan tak dapat terhindarkan. Tak luput, tingginya penyebaran berita yang kurang akurat kian menimbulkan pertanyaan terkait tingkat kepercayaan masyarakat pada berita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh motif yang dimiliki seseorang dalam mengkonsumsi berita beserta tingkat kepercayaannya pada berita terhadap kecenderungan perilaku membagikan berita dari LINE TODAY. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara daring kepada 407 mahasiswa pengguna LINE TODAY di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Dari empat skala likert yang digunakan sebagai alternatif jawaban, peneliti mengkalkulasi data tersebut dengan aplikasi SPSS untuk mendapatkan hasil pengujian regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa motif penggunaan media dan tingkat kepercayaan pada berita mempengaruhi kecenderungan perilaku membagikan berita secara signifikan dan positif sebesar 37,6%. Secara spesifik kecenderungan perilaku membagikan berita dipengaruhi 37,3% oleh motif penggunaan media dan 27,9% oleh tingkat kepercayaan pada berita.