Wacana industrialisasi musik korea dalam pemberitaan media (studi analisis wacana kritis tentang k-pop di majalah gogirl!)
Main Author: | Samantha, Ignez |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/1055/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/ |
ctrlnum |
1055 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/1055/</relation><title>Wacana industrialisasi musik korea dalam pemberitaan media (studi analisis wacana kritis tentang k-pop di majalah gogirl!)</title><creator>Samantha, Ignez</creator><subject>M Music</subject><subject>P99.7 Framing Analysis</subject><subject>PN4832-4836 Magazines and other periodicals</subject><description>K-Pop telah menjadi fenomena yang sangat mendunia. Banyak media mulai
mengulas mengenai kehebatan industri musik Korea ini, termasuk media-media di
Indonesia. Salah satunya adalah majalah Gogirl!. Gogirl! sendiri merupakan
majalah yang lebih berkiblat ke budaya populer barat. Namun dalam edisi
Februari 2013, Gogirl! akhirnya memutuskan untuk mengulas mengenai
kehebatan K-Pop sebagai budaya populer saat ini.
Judul skripsi ini adalah “Wacana Industrialisasi Musik dalam Pemberitaan
Media (Studi Analisis Wacana Kritis Tentang K-Pop di Majalah Gogirl!)”.
Tujuannya untuk mengetahui bagaimana dan mengapa Gogirl! mewacanakan
‘industrialisasi’ kepada remaja sebagai target pembacanya melalui artikel-artikel
di rubrik K-Storm. Model yang digunakan dalam penelitian yaitu model deskriptif
dengan jenis data kualitatif. Instrumen penelitian adalah wawancara mendalam,
studi dokumen, dan studi kepustakaan. Key informant dalam penelitian ini adalah
Nina Moran, selaku CEO Gogirl!. Sementara informant dalam penelitian ini
adalah Yenni Kartika Sari, selaku Managing Editor Gogirl!. Analisis data
menggunakan analisis wacana kritis model van Dijk untuk membongkar artikel
dengan menggunakan tiga dimensi, yaitu analisis teks, kognisi sosial, dan analisis
sosial.
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Gogirl! mengakui kehebatan KPop
sebagai budaya populer saat ini yang mampu bersaing dengan budaya populer
barat serta bahwa pembaca mempunyai peran yang sangat besar dalam
pengangkatan isu K-Pop di majalah Gogirl!.</description><date>2014</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/1/HALAMAN%20AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://kc.umn.ac.id/1055/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Samantha, Ignez (2014) Wacana industrialisasi musik korea dalam pemberitaan media (studi analisis wacana kritis tentang k-pop di majalah gogirl!). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>1055</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Samantha, Ignez |
title |
Wacana industrialisasi musik korea dalam pemberitaan media (studi analisis wacana kritis tentang k-pop di majalah gogirl!) |
publishDate |
2014 |
topic |
M Music P99.7 Framing Analysis PN4832-4836 Magazines and other periodicals |
url |
http://kc.umn.ac.id/1055/1/HALAMAN%20AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/2/BAB%20I.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/3/BAB%20II.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/4/BAB%20III.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/5/BAB%20IV.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/6/BAB%20V.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/1055/ |
contents |
K-Pop telah menjadi fenomena yang sangat mendunia. Banyak media mulai
mengulas mengenai kehebatan industri musik Korea ini, termasuk media-media di
Indonesia. Salah satunya adalah majalah Gogirl!. Gogirl! sendiri merupakan
majalah yang lebih berkiblat ke budaya populer barat. Namun dalam edisi
Februari 2013, Gogirl! akhirnya memutuskan untuk mengulas mengenai
kehebatan K-Pop sebagai budaya populer saat ini.
Judul skripsi ini adalah “Wacana Industrialisasi Musik dalam Pemberitaan
Media (Studi Analisis Wacana Kritis Tentang K-Pop di Majalah Gogirl!)”.
Tujuannya untuk mengetahui bagaimana dan mengapa Gogirl! mewacanakan
‘industrialisasi’ kepada remaja sebagai target pembacanya melalui artikel-artikel
di rubrik K-Storm. Model yang digunakan dalam penelitian yaitu model deskriptif
dengan jenis data kualitatif. Instrumen penelitian adalah wawancara mendalam,
studi dokumen, dan studi kepustakaan. Key informant dalam penelitian ini adalah
Nina Moran, selaku CEO Gogirl!. Sementara informant dalam penelitian ini
adalah Yenni Kartika Sari, selaku Managing Editor Gogirl!. Analisis data
menggunakan analisis wacana kritis model van Dijk untuk membongkar artikel
dengan menggunakan tiga dimensi, yaitu analisis teks, kognisi sosial, dan analisis
sosial.
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa Gogirl! mengakui kehebatan KPop
sebagai budaya populer saat ini yang mampu bersaing dengan budaya populer
barat serta bahwa pembaca mempunyai peran yang sangat besar dalam
pengangkatan isu K-Pop di majalah Gogirl!. |
id |
IOS6965.1055 |
institution |
Universitas Multimedia Nusantara |
institution_id |
355 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara |
library_id |
306 |
collection |
Knowledge Center UMN |
repository_id |
6965 |
subject_area |
Business/Bisnis Communication/Komunikasi Art Apreciation/Apresiasi Seni Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
city |
TANGERANG |
province |
BANTEN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6965 |
first_indexed |
2019-04-04T01:20:17Z |
last_indexed |
2019-04-04T01:20:17Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1683865379027288064 |
score |
17.538404 |