Pengaruh Konten Vlog #JKWVLOG terhadap Political Brand Image Presiden Joko Widodo (Survei pada Akun Instagram @jokowi)
Main Author: | Gabrielle, Netanya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10528/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10528/ |
Daftar Isi:
- Perubahan pola konsumsi media baru melalui kehadiran media sosial seperti Instagram telah merevolusi dunia komunikasi politik. Melalui Instagram, seorang politisi dapat mengatur pesan yang dibagi, dan lebih leluwasa dalam mengontrol pesan yang ia sampaikan ke publik, membentuk citra tertentu. Salah satu politisi yang aktif memanfaatkan Instagram sebagai medium komunikasi dengan publiknya adalah Presiden Joko Widodo. Perkembangan media sosial mendorong perubahan konten yang dibuat oleh public relations pemerintah, salah satunya adalah dengan memproduksi vlog (Video Blog) bertagar #JKWVLOG, yang diunggah ke YouTube dan Instagram. Bagaimana Presiden Joko Widodo memanfaatkan kekuatan sosial media lewat konten vlog yang diunggah merupakan bentuk digital public relations dan menjadikan Instagram wadah untuk membentuk citra yang diinginkan. Penelitian ini ingin melihat seberapa besar pengaruh konten #JKWVLOG terhadap political brand image Presiden Joko Widodo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang merupakan pengikut instagram @jokowi. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel konten vlog (X) mempengaruhi political brand image dengan korelasi yang positif.