Daftar Isi:
  • Bullying merupakan fenomena yang terjadi di sekitar kita. Siapapun bisa menjadi korban bullying. Korban bullying dapat mengalami luka fisik maupun psikologis. Dampak bullying juga tidak mudah hilang, malah cenderung menghasilkan trauma. Oleh karena itu, bullying harus dicegah ataupun dihentikan apabila sudah terjadi. Salah satu cara mengatasi bullying adalah melaporkannya ke lembaga berwenang. Namun, keberanian untuk melapor tersebut masih sangat kurang. Pada kesempatan ini, penulis ingin memupuk keberanian tersebut dengan menggunakan medium video game. Video game dipilih karena kemampuannya untuk melibatkan pemainnya, terutama dalam hal pengambilan keputusan. Penulis menggunakan teori mengenai game design, UX/UI design, nudge & choice architecture, gameplay, dan sedikit story. Hasil akhir dari penelitian ini akan berupa video game yang membahas tentang bullying lewat sudut pandang korban bullying sendiri. Lewat game ini, penulis berharap dapat menumbuhkan keberanian maupun kepercayaan diri seorang korban bullying agar dapat menyelesaikan bullying yang terjadi.