Implementasi Metode Deteksi Tepi Canny dan Logika Fuzzy pada Sistem Pengendalian Lalu Lintas
Main Author: | Fernando, Vincent |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10461/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10461/ |
Daftar Isi:
- Lampu lalu lintas sangat penting untuk mengatur lalu lintas pada persimpangan jalan. Terdapat 2 jenis pengoperasian pada lampu lalu lintas, salah satunya adalah actuated time traffic signal. Pengoperasian dengan cara actuated time traffic signal pada lampu lalu lintas tentunya menjadi lebih efektif karena lama durasi lampu hijau akan bergantung pada banyak kendaraan yang sedang mengantri. Untuk pengendalian lalu lintas actuated time traffic secara real time diperlukan algoritma yang dapat digunakan dalam pengolahan citra digital. Pada penelitian ini, algoritma deteksi tepi Canny diimplementasikan dalam pengolahan citra digital untuk mengetahui berapa banyak kendaraan yang sedang mengantri dan logika Fuzzy diimplementasikan untuk menghitung durasi lampu hijau sesuai dengan kepadatan kendaraan pada jalur yang diatur, lebar jalan pada jalur yang diatur, kepadatan kendaraan pada jalur selanjutnya dan lebar jalan pada jalur selanjutnya. Uji coba dilakukan sebanyak 5 kali dengan masing-masing skenario memiliki 4 jalur. Berdasarkan hasil analisis uji coba, nilai Root Mean Square Error (RMSE) yang dihasilkan sebesar 3,947352.