Pengaruh Pesan Kampanye Iklan Tokopedia #Mulaiajadulu terhadap Minat Beli Tokopedia: Survei pada Masyarakat Kota Tangerang
Main Author: | Angelia, Thessa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10415/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10415/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan jual beli online di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Hadirnya banyak e-commerce yang menyediakan platform jual beli online dengan berbagai jenis produk, meningkatkan jumlah pembeli melalui platform tersebut. Tahun 2018, jumlah pembeli melalui situs online diperkirakan mencapai 11,9% dari total populasi di Indonesia. Meningkatnya jumlah pembeli online di Indonesia, berpengaruh pada persaingan dalam e-commerce agar platform belanja online-nya menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Maka dari itu, setiap e-commerce harus memiliki strategi untuk mempertahankan bisnisnya. Seperti salah satu e-commerce di Indonesia yaitu Tokopedia yang melakukan kampanye iklan untuk meningkatkan minat beli masyarakat Indonesia untuk berbelanja online melalui Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang mengetahui atau pernah melihat kampanye iklan Tokopedia #Mulaiajadulu dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pesan kampanye iklan Tokopedia #Mulaiajadulu sebesar 42,4% terhadap minat beli melalui Tokopedia.