Rancang Bangun Sistem Whatsapp Gateway untuk Pengiriman Pesan Massal Berbasis Website dengan Proses Model Spiral (Studi Kasus: Kompas Gramedia)

Main Author: Marcia, Ivy
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10390/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10390/
Daftar Isi:
  • WhatsApp Gateway adalah salah satu fitur yang merupakan perluasan dari SMS Gateway yang dikembangkan oleh Human Resources Information System (HRIS) untuk karyawan Kompas Gramedia untuk mempercepat dan mempermudah pemrosesan pengiriman informasi karyawan. WhatsApp Gateway dibangun dikarenakan terdapat beberapa kendala yang dirasakan baik oleh pihak Kompas Gramedia maupun user terkait SMS Gateway. WhatsApp Gateway dibuat berbasis website dengan menggunakan framework CodeIgniter3, sedangkan pengirim pesan berbasis Python3 yang dijalankan pada Linux. Sistem dibangun dengan menggunakan proses model spiral dan terdapat enam fitur yang berhasil dikembangkan, yaitu Pesan untuk pengiriman pesan, Master Data sebagai pengatur seluruh data pada website, Alamat untuk penyimpanan kontak pengguna, Akun untuk sistem login dan penentuan jenis pengguna, Top-up untuk kredit dan status pembayaran pesan, dan Ticketing untuk pengiriman dan pelaporan permasalahan. Tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem yang dibangun berdasarkan metode UTAUT adalah Performance Expectancy sebesar 89,33%, Effort Expectancy sebesar 89,16%, Facilitating Conditions sebesar 90%, dan Social Influence sebesar 90% sehingga didapatkan rata-rata nilai penerimaan keseluruhan adalah 89,625%.