Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016 - 2018 )

Main Author: Hermawan, Shianly
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10359/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10359/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan (SIZE), leverage (DER), dan keputusan investasi (PER) terhadap nilai perusahaan (PBV). Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder dianalisa dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 perusahaan. Kriteria sampel untuk penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2016-2018, menerbitkan laporan keuangan per tanggal 31 Desember dan telah diaudit oleh auditor independen, menggunakan mata uang Rupiah, memiliki laba, dan tidak melakukan share split atau share reverse. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas (ROE) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan (SIZE) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) leverage (DER) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) keputusan investasi (PER) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.