Analisa Faktor - Faktor yang Mempengaruhi User Stickiness terhadap Penggunaan Spotify
Main Author: | Lambert, Darien |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10348/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10348/ |
Daftar Isi:
- Spotify merupakan aplikasi yang menyediakan jasa layanan streaming musik. Spotify beroperasi di bawah model bisnis freemium dengan dua tingkatan yaitu Spotify gratis dan Spotify Premium. Sebagai penyedia layanan streaming musik, Spotify harus memiliki keunggulan tersendiri untuk menarik user menggunakan aplikasinya. Penelitian ini menganalisa faktor-faktor apakah yang mempengaruhi user stickiness terhadap penggunakan aplikasi Spotify. Dalam penelitian ini, dilakukan riset menggunakan teknik kuesioner yang disebar kepada target responden yaitu user yang aktif menggunakan Spotify. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini mengadopsi model yang telah dilakukan oleh Hsu & Lin dengan ABC Model, Xu, Qi & Li dengan structural model dan Zhang, Guo & Liu dengan structural model dengan melakukan modifikasi model. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan IBM Amos v26. Hasil penelitian dengan jumlah sampel yang diperoleh pada penelitian ini sebanyak 205 sampel menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi Stickiness adalah Hedonic Value, dan System Quality.