Rancang Bangun Aplikasi Website Pendukung Rekayasa Kebutuhan Menggunakan Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi User Feedback (Studi Kasus: E-Learning Universitas Multimedia Nusantara)

Main Author: Ferdino, Ivan
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10323/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/
ctrlnum 10323
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/10323/</relation><title>Rancang Bangun Aplikasi Website Pendukung Rekayasa Kebutuhan Menggunakan Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi User Feedback (Studi Kasus: E-Learning Universitas Multimedia Nusantara)</title><creator>Ferdino, Ivan</creator><subject>T58.5-58.64 Information technology</subject><description>Rekayasa kebutuhan adalah proses memperoleh, mendokumentasikan, menganalisa, memvalidasi, dan mengelola kebutuhan. Dalam rekayasa kebutuhan, ada beberapa aktifitas utama yang dilakukan yaitu studi fisibilitas, menemukan kebutuhan (pengumpulan dan analisis), mengubah kebutuhan ke dalam bentuk strandar (spesifikasi), dan memastikan apakah kebutuhan sesuai dengan yang klien harapkan (validasi). Namun nyatanya, rekayasa kebutuhan adalah proses berulang, aktifitas tersebut saling disisipkan (interleaved). Dalam semua sistem, kebutuhan berubah-ubah. Orang-orang yang terlibat, mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka ingin perangkat lunak lakukan, seperti perubahan pada perangkat keras, perangkat lunak, dan lingkungan sistem. Selain itu, penyebab lain perubahan pada kebutuhan adalah user feedback. Pengembangan perangkat lunak tidak berhenti setelah sistem berhasil dirilis, tetapi terus berlanjut sepanjang masa hidup dari sistem. Pada saat ini penyampaian user feedback untuk e-learning Universitas Multimedia Nusantara dilakukan melalui survey online yang dibagikan pada setiap akhir semester. Media yang digunakan adalah Google Form dan kemudian disebarkan melalui e-mail mahasiswa. Kemudian user feedback diklasifikasikan secara manual. Model seperti ini membutuhkan waktu 1 bulan hari kerja. Maka dalam penelitian ini dirancang dan dibangun suatu aplikasi website pendukung rekayasa kebutuhan yang membantu mempercepat proses klasifikasi untuk user feedback, dengan menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier (NBC) untuk proses klasifikasi otomatis. Jenis NBC yang digunakan adalah Multinomial NBC. Algoritma ini melakukan klasifikasi dengan cara menghitung probabilitas kemunculan kata pada suatu kelas. Selain itu algoritma ini juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Berdasarkan uji coba yang dilakukan, algoritma ini menghasilkan accuracy 0,925, precision 0,856, recall 0,851, dan f- measure 0,854. Selain itu, penerimaan aplikasi diukur menggunakan kuesioner TAM, yang memperoleh skor penerimaan sebesar 73,56% untuk faktor usefulness dan 78,56% untuk faktor ease of use.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10323/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Ferdino, Ivan (2019) Rancang Bangun Aplikasi Website Pendukung Rekayasa Kebutuhan Menggunakan Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi User Feedback (Studi Kasus: E-Learning Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>10323</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Ferdino, Ivan
title Rancang Bangun Aplikasi Website Pendukung Rekayasa Kebutuhan Menggunakan Naive Bayes Classifier untuk Klasifikasi User Feedback (Studi Kasus: E-Learning Universitas Multimedia Nusantara)
publishDate 2019
topic T58.5-58.64 Information technology
url http://kc.umn.ac.id/10323/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10323/
contents Rekayasa kebutuhan adalah proses memperoleh, mendokumentasikan, menganalisa, memvalidasi, dan mengelola kebutuhan. Dalam rekayasa kebutuhan, ada beberapa aktifitas utama yang dilakukan yaitu studi fisibilitas, menemukan kebutuhan (pengumpulan dan analisis), mengubah kebutuhan ke dalam bentuk strandar (spesifikasi), dan memastikan apakah kebutuhan sesuai dengan yang klien harapkan (validasi). Namun nyatanya, rekayasa kebutuhan adalah proses berulang, aktifitas tersebut saling disisipkan (interleaved). Dalam semua sistem, kebutuhan berubah-ubah. Orang-orang yang terlibat, mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka ingin perangkat lunak lakukan, seperti perubahan pada perangkat keras, perangkat lunak, dan lingkungan sistem. Selain itu, penyebab lain perubahan pada kebutuhan adalah user feedback. Pengembangan perangkat lunak tidak berhenti setelah sistem berhasil dirilis, tetapi terus berlanjut sepanjang masa hidup dari sistem. Pada saat ini penyampaian user feedback untuk e-learning Universitas Multimedia Nusantara dilakukan melalui survey online yang dibagikan pada setiap akhir semester. Media yang digunakan adalah Google Form dan kemudian disebarkan melalui e-mail mahasiswa. Kemudian user feedback diklasifikasikan secara manual. Model seperti ini membutuhkan waktu 1 bulan hari kerja. Maka dalam penelitian ini dirancang dan dibangun suatu aplikasi website pendukung rekayasa kebutuhan yang membantu mempercepat proses klasifikasi untuk user feedback, dengan menggunakan algoritma Naive Bayes Classifier (NBC) untuk proses klasifikasi otomatis. Jenis NBC yang digunakan adalah Multinomial NBC. Algoritma ini melakukan klasifikasi dengan cara menghitung probabilitas kemunculan kata pada suatu kelas. Selain itu algoritma ini juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Berdasarkan uji coba yang dilakukan, algoritma ini menghasilkan accuracy 0,925, precision 0,856, recall 0,851, dan f- measure 0,854. Selain itu, penerimaan aplikasi diukur menggunakan kuesioner TAM, yang memperoleh skor penerimaan sebesar 73,56% untuk faktor usefulness dan 78,56% untuk faktor ease of use.
id IOS6965.10323
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:19Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:19Z
recordtype dc
_version_ 1683865411715596289
score 17.538404