Daftar Isi:
  • Software memiliki peranan yang sangat penting diberbagai bidang kehidupan pada zaman modern ini. Pengembangan software tanpa persiapan yang baik dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pembangunan suatu sistem. Salah satu cara mencegah kegagalan adalah menggunakan requirement engineering untuk mengumpulkan kebutuhan pengguna. Teknik yang sederhana adalah dengan menggunakan user stories, namun kurangnya partisipasi stake holder menjadi halangan dalam pengumpulan user requirement. Penggunaan metode gamifikasi yang menerapkan elemen game ke dalam aplikasi non-game diharapkan dapat meningkatkan minat user untuk mengumpulkan user stories. Pembangunan website pendukung rekayasa kebutuhan untuk mengumpulkan user stories dibuat menggunakan PHP framework Laravel dan menerapkan elemen-elemen game sesuai dengan framework gamifikasi Werbach dan Hunter. Tingkat penerimaan pengguna terhadap website diukur menggunakan metode Hedonic Motivation System Adoption Model dan menghasil kan persentase sebesar 81.1% pada aspek joy, persentase sebesar 73.4% pada aspek control, 67.2% pada aspek focused immersion, 60.6% pada aspek temporal dissociation, 80% pada aspek curiosity, 76.8% pada aspek perceived ease of use, 72.9% pada aspek perceived usefulness, dan 76.2% pada aspek behavioran intention to use.