Analisis Pengaruh Usefulness, Enjoyment, dan Ability to Use terhadap Willingness to Use Telaah pada Vending Machine Bluemart
Main Author: | Novilda, Lystia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10288/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10288/ |
Daftar Isi:
- Dengan mengingat teknologi yang selalu muncul dengan hal baru, serta terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan manusia, vending machine yang merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi, sudah sangat dikenal keberadaannya dan sangat berguna bagi orang-orang yang berada di luar Indonesia (contohnya Jepang). Jumlah vending machine yang ada di Indonesia masih sangat sedikit, tapi di sisi lain vending machine Bluemart berani untuk muncul dengan membawa teknologi terkini yaitu pembayaran yang dilakukan menggunakan metode scan kode QR. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengangkat pembahasan ini menjadi topik pembahasan untuk diteliti, dengan sudut pandang keinginan konsumen untuk meggunakan vending machine Bluemart. Karena besarnya pengaruh ability terhadap willingness dalam mengukur penerimaan pengguna terhadap self-service technology (SST) dan dibutuhkannya kemampuan (ability) pengguna dalam menggunakan SST menurut penelitian terdahulu, maka hal tersebut membuat ability sangat relevan untuk digunakan dalam penelitian ini. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti membutuhkan faktor-faktor yang mempengaruhi Willingness to Use pengguna terhadap vending machine Bluemart, dengan menggunakan faktor Usefulness dan Enjoyment yang akan dilihat pengaruhnya terhadap Willingness to Use. Faktor Ease of Use, Technology Anxiety, dan Need for Interaction terhadap Ability to Use. Dan pada akhirnya akan diteliti juga pengaruh faktor Ability to Use terhadap Willingness to Use vending machine Bluemart. Penelitian ini menggunakan 6 hipotesis yang diuji dengan metode Structural Equation Model (SEM) dengan melibatkan 166 responden dan sudah melewati tahap screening. Hasil dari penelitian ini akan menunjukan adanya hubungan positif dari Usefulness dan Enjoyment terhadap Willingness to Use, pengaruh positif dari Ease of Use terhadap Ability to Use, pengaruh negatif yang diberikan oleh Technology Anxiety dan Need for Interaction terhadap Ability to Use, serta pengaruh positif dari Ability to Use terhadap Willingness to Use.