Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ability to Use dan Willingness to Use Self-Service Technology: Telaah pada JD.ID X Indonesia

Main Author: Kurniawan, Tommy
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10281/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10281/
Daftar Isi:
  • Melihat teknologi yang semakin berkembang dan selalu muncul dengan suatu hal yang baru serta semakin membuat manusia untuk beradaptasi dan update dengan perkembangan teknologi. Self-Service Technology merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi yang saat ini mulai digunakan di Indonesia, walaupun masih rendah pengunaannya di Indonesia dibandingkan dengan negara lain seperti China dan Amerika. JD.ID X merupakan salah satu toko yang menerapkan self-service technology dalam penggunaanya dengan menggunakan metode scan kode QR, Artificial Intelligence (AI) dan Radio Frequency Identification (RFID) dalam proses berbelanjanya. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengangkat pembahasan ini menjadi topik pembahasan untuk diteliti, dengan sudut pandang kemampuan konsumen untuk menggunakan self-service technology JD.ID X. Karena besarnya pengaruh ability to use terhadap willingness to use dalam mengukur penggunaan self-service technology (SST) dan dibutuhkannya kemampuan (ability) pengguna dalam menggunakan SST menurut penelitian terdahulu, maka hal tersebut membuat ability sangat relevan digunakan pada penelitian ini. Dalam mendukung penelitian ini, peneliti membutuhkan faktor-faktor yang mempengaruhi Willingness to Use Self-Service Technology terhadap JD.ID X dengan menggunakan faktor Usefulness dan Enjoyment yang berpengaruh terhadap Willingness to Use, faktor Ease of Use, Technology Anxiety dan Need for Interaction terhadap Ability to Use, dan pada akhirnya Ability to Use terhadap Willingness to Use SST JD.ID X. Penelitian ini menggunakan 6 hipotesis yang diuji dengan metode SEM (Structural Equation Model) dengan 170 responden yang melewati proses screening. Hasil dari penelitian ini akan menunjukan adanya hubungan positif dari Usefulness dan Enjoyment terhadap Willingness to Use, pengaruh positif Ease of Use terhadap Ability to Use, pengaruh negative Technology Anxiety dan Need for Interaction terhadap Ability to Use serta pengaruh Ability to use terhadap Willingness to Use SST.