Hirarki Pengaruh pada Produksi Berita Infografik Berbasiskan Jurnalisme Data: Studi Kasus Infografis CNNIndonesia.com
Main Author: | Josua Stefanus, Michael |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10260/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10260/ |
Daftar Isi:
- Dewasa ini, infografik menjadi salah satu cara penyebaran informasi yang memudahkan masyarakat dalam memaknai suatu berita. Namun, pandangan tersebut harus diikuti dengan pembentukan infografik yang memiliki ketepatan sasaran kepada khalayak sehingga semakin mudah untuk dipahami. Sama halnya seperti produk jurnalistik berbentuk tulisan yang memiliki frame media, dalam pembentukan infografik terdapat aspek-aspek di luar visualisasi yang berkontribusi terhadap pembentukan infografik itu sendiri. Namun, masih tidak banyak pandangan yang melihat keterlibatan sebuah redaksi media ketika memproduksi suatu infografik. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana CNNIndonesia.com sebagai media daring memproduksi berita berbasiskan jurnalisme data dan dijadikan sebagai infografik. Salah satu indikator penilaian yang dilihat peneliti adalah melalui teori Hirarki Pengaruh yang dikemukakan oleh Shoemaker & Reese (2014). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus oleh Stake dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan juga studi dokumen. Selain itu, peneliti menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme sebagai landasan berpikir untuk mencatat ulang proses dari runtutan kegiatan yang dilakukan dalam redaksi. Peneliti menemukan bahwa dalam sebuah redaksi media online, terdapat praktik penggunaan jurnalisme data yang sesuai dengan pandangan media itu sendiri. Setiap lapisan dalam media memiliki peran masing-masing dalam proses penentuan topik yang akan diproduksi menjadi sebuah infografik. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman akan pengaplikasian masing-masing lapisan tersebut dalam redaksi untuk memproduksi sebuah infografik yang berbasiskan pada jurnalisme data di media. Salah satu keadaan organisasi redaksi di CNNIndonesia.com dalam memproduksi infografik adalah keberadaan divisi multimedia dalam redaksi. Hal ini memberikan penekanan bahwa tim multimedia bekerja berdampingan dengan redaksi.