Perancangan Visual Kampanye Informasi Etiket Pengapresiasian Karya Seni di Museum Macan
Main Author: | Sukhoy Dwihandoko, Liko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10256/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10256/ |
Daftar Isi:
- Industri seni rupa Indonesia disokong oleh pilar-pilar yang berperan untuk menopang sirkulasi kegiatan seni rupa Indonesia salah satunya adalah audiens sebagai mata atau penikmat karya seni (apresiator). Banyak masyarakat yang kurang peka akan pentingnya bentuk etiket apresiasi karya seni khususnya di ruang pamer Museum MACAN. Tidak sedikit fenomena yang menunjukkan adanya etiket pengapresiasian karya seni yang hanya sampai dengan apresiasi visual membuat penulis tergerak untuk merancang kampanye informasi mengenai etiket pengapresiasian karya seni khususnya terhadap masyarakat muda yang memiliki ketertarikan pada karya seni di Museum MACAN. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat muda yang memiliki ketertarikan pada karya seni di Museum MACAN agar dapat melakukan apresiasi karya seni, dari apresiasi visual menuju apresiasi yang lebih menyeluruh. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (hybrid). Metode perancangan dilakukan mulai dari mindmapping dan brainstorming, membuat konsep, dan membuat desain serta implementasi desain kampanye.